MY COMMUNITY

SELAMAT DATANG DAN BERGABUNG DENGAN ANGGOTA BLOGGER JKM COMMUNITY

Sabtu, 30 Oktober 2010

Menjalankan Program PHP

Kemarin saya mencari software untuk membundel file PHP beserta webserver dan database server dalam satu file instalasi, seperti biasanya karena saat itu saya sedang terkoneksi dengan internet (secara gratis), mulailah saya mencari di paman google dengan berbagai keyword (sory lupa keywordnya).
Akhirnya pada keyword yang entah keberapa, saya mendapatkan hasil yang cukup menarik. Sebenarnya saya tidak mendapatkan apa yang saya cari, yaitu software untuk membundle file PHP beserta antek2nya ke dalam satu file instalasi, tapi saya malah mendapatkan software untuk menjalankan file PHP secara portable, bisa lewat CD atau UFD tanpa instalasi.
Langsung saja tulisan ini memang sangat terinspirasi bahkan bisa dikatakan hanya penulisan ulang dari tulisan salah satu orang yang sangat saya kagumi, pendiri ilmukomputer.com Romi Satria Wahono. Beliau menulis tentang cara menjalankan aplikasi PHP secara portabel tanpa harus instalasi, sekaligus juga memberi link untuk mendownload program yang diperlukan.
Secara lengkap anda dapat membaca sendiri tulisan beliau di link ini. Dari beberapa program yang diberikan ada yang sudah saya download dan sudah saya coba (karena mahasiswa, saya hanya mendownload yang free saja), seperti portablewebap, uniserver, easyphp, dan WOS X.
• Portablewebap : Ini yang pertama kali saya coba karena dalam tulisan tersebut dijelaskan paling sering digunakan. Simple dan cukup powerfull untuk aplikasi PHP, sangat mudah digunakan karena hanya cukup ekstrak dan copy paste file PHP ke dalam folder www. Lebih enaknya lagi, aplikasi ini tidak akan crash dengan webserver yang sedang digunakan dalam komputer tersebut.
Saat ini saya menggunakan XAMPP di laptop semua service masih aktif dan saya menjalankan aplikasi ini sama sekali tidak crash, karena menggunakan port dan alamat yang berbeda. Sayangnya aplikasi ini hanya dilengkapi dengan webserver dan SQL explorer yaitu SQLite, bukan database server (atau emang saya yang nggak bisa configurasi ya J) sehingga kita tidak bisa menyimpan data persisten berupa database.
• Uniserver : Nah ini yang ini kena giliran kedua. Caranya cukup mudah dan juga (menurut saya) cukup lengkap karena telah lengkap aplikasi AMP Apache/MySql/PHP.
Namun untuk konfigurasi default uniserver menggunakan port dan alamat yang sama digunakan XAMPP yang telah terinstall di laptop saya sehingga sewaktu dijalankan bukannya membuka localhost milik uniserver tapi malah membuka localhostnya XAMPP, dan tentu saja saat menjalankan service-nya langsung crash dengan service yang belum saya matikan.
• Easyphp : Belum sempat saya coba, jadi belum bisa berkomentar. Hanya saja dalam romisatriawahono.net diklaim telah memuat AMP dan juga bisa berjalan dengan baik di CD maupun UFD. Hanya saja dokumentasinya banyak dalam bahasa perancis.
• WOS X : Ini rekomendasi dari kometator dalam website tersebut. Langsung saya download karena gratis dan juga menurut sang komentator cukup bagus. Eh nggak deng, yang direkomendasikan adalah WOS portable, sedangkan software tersebut saya cari di websitenya nggak ketemu yang ketemu malah kakaknya yaitu software ini.
Setelah mengekstrak software ini saya jadi bingung karena sewaktu dijalankan masih terdapat error "PHP.exe is not found" dan juga "mysql.exe is not found", jadi dugaan saya sementara mungkin program ini bisa berjalan dengan baik kalau kita sudah mengcopykan AMP dari program lain, selanjutnya program ini yang menangani masalah portabilitas.
Kenyataannya sewaktu akan saya coba, malah UFD saya dipinjam temen, disamping itu juga saya belum ada waktu nyoba lagi. So, to be continued....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar